Khasiat dan Manfaat Daun Suji



Daun suji mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan memang bisa dibilang langka. Jika dilihat dari bentuk daun suji hampir mirip dengan daun pandan. Dan mungkin saja orang awam akan kesulitan untuk memebedakannya. Dan berdasarkan fungsinya banyak orang yang menggunakannya sebagai zat pewarna alami.
Selain manfaat daun suji sebagai zat pewarna seperti halnya daun pandan, akan tetapi  cukup banyak yang memanfaatkannya untuk mencegah atau mengobati berbagai macam penyakit. Dan cukup banyak jenis penyakit yang memang mampu disembuhkan oleh daun ini. Dan tak lain karena beberapa kandungan atau senyawa aktif yang ada di dalam daun tersebut.
   Saponin
   Tannin
   Polifenol
   Flavonoid
   Alkaloid
   Dan lain-lain
Ada beberapa ciri daun suji yakng mungkin kamu bisa mencoba membedakannya dengan daun pandan. Daun ini memiliki bau yang cukup harum hampir sama dengan daun pandan akan tetapi jika kamu rasakan rasanya cukup pahit. Dan pembeda lainnya adalah daun ini memberikan sensasi rasa dingin seperti pada daun mint.

Untuk manfaat dan khasiat daun suji selain sebagai pewarna alami untuk makanan, tapi juga bisa untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan hingga berat. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengkonsumsi daun ini.

Khasiat Daun Suji
Mengobati batuk
Baik penyakit batuk yang bersifat kering atau berdahak bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun suji. Akan lebih baik jika kamu meminumnya ketika pagi hari dan menjelang tidur. Hal ini dimaksudkan agar obat tersebut berfungsi semakin baik ketika tubuh kamu beristirahat.

Mengobati kanker darah
Kanker darah yang disebut juga sebagai penyakit leukemia adalah kategori penyakit yang cukup berat. Ekstrak dari daun suji yang dihasilkan dengan cara merebus daunnya bisa digunakan sebagai terapi untuk penyembuhan penyakit leukemia.

Mengobati penyakit sipilis
Salah satu ciri dari penyakit sipilis adalah mengeluarkan nanah ketika buang air kecil. Dan penyakit ini disebabkan dari seringnya gonta-ganti pasangan atau juga bisa dari bakteri atau virus dan juga pola hidup yang tidak sehat. Meminum 1 hingga 2 gelas air rebusan daun suji akan menghentikan nanah yang keluar ketika buang air kecil.

Mengobati beri-beri
Kandungan zat seperti saponin yang ada di dalam daun suji mampu mengatasi penyakit beri-beri. Dengan cara meminum air rebusan dari daun suji setiap harinya akan mengobati penyakit ini.

Mengobati disentri
Salah satu kandungan yang ada di dalam daun suji yang akan berperan penting untuk menyemuhkan penyakit disentri adalah saponin. Dengan meminum air rebusan daun suji maka akan menyembuhkan penyakit disentri minimal 1 hingga 2 kali dalam sehari, seperti pagi hari dan menjelang istirahat malam.

Mengobati sakit saat haid
Tidak jarang setiap wanita ketika haid akan disertai rasa nyeri di bagian perut. Dengan meminum air rebusan dari daun suji maka akan meredakan rasa nyeri atau sakit ketika haid. Sebaiknya kamu minum sekali untuk pagi hari dan yang kedua saat malam hari menjelang tidur.

Penawar racun
Ada kandungan zat yang ada di dalam daun suji yang bernama alkaloid, zat inilah yang mampu menangkal racun. Jadi daun ini berfungsi sebagai penangkal racun ketika seseorang keracunan makanan atau karena hal lainnya.

Menurunkan kadar kolesterol
Salah satu penyebab dari tingginya kolesterol di dalam tubuh adalah banyaknya asupan makanan berlemak. Dan pada akhirnya kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi meningkat. Kandungan saponin yang ada di dalam daun suji akan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Menurunkan gula darah
Kadar gula darah yang ada di dalam tubuh kita jika terlalu tinggi maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Air rebusan atau air seduhan dari daun suji akan menstabilkan atau menormalkan kembali kadar gula darah yang ada di tubuh kamu. Minumlah air rebusan atau air seduhannya minimal 2 kali dalam sehari, bisa kamu minum di pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Menangkal radikal bebas
Radikal bebas bisa disebabkan oleh polusi udara atau kualitas udara yang tidak menyehatkan. Dan efek dari radikal bebas ini sangat bermacam-macam mulai dari penyakit ringan hingga berat. Misalnya seperti kanker salah satu penyebabnya adalah radikal bebas. Jadi untuk mencegah beberapa penyakit yang kemungkinan disebabkan oleh radikal sebaiknya mengkonsumsi minuman dari daun suji sebagai penetralisir dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengobati masalah pencernaan
Jika kamu mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, maka kandungan yang ada di dalam daun suji seperti yang namanya tannin, akan melancarkan makanan yang ada di dalam usus. Maka nantinya akan memperlanjar BAB dan masalah pencernaan seperti sembelit akan sembuh.

Mengobati sakit perut
Seperti masuk angin, perut kembung, dan lainnya adalah beberapa jenis sakit perut yang juga bisa kamu sembuhkan dengan mengkonsumsi daun suji. Minumlah 1 hingga 2 kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit perut yang kamu alami.

Mengobati sakit gigi
Banyak sekali penyebab timbulnya sakit gigi, bisa dikarenakan gigi berlubang, gigi keropos, atau dikarenakan banyaknya bakteri yang ada di gigi. Kamu bisa mengobati sakit gigi kamu dengan cara berkumur air rebusannya atau dengan tumbukan daun suji yang sudah kamu campur dengan air. Minimal 3 kali berkumur mulai dari pagi hingga malam hari, agar rasa sakit karena sakit gigi semakin cepat sembuh.

Mengobati gusi berdarah
Penyebab dari gusi berdarah bisa berbagai macam, karena disposisi gigi, karena benturan dengan benda keras, atau karena adanya bakteri. Dan pada akhirnya akan menimbulkan peradangan dan rasa sakit. Kamu bisa berkumur degan menggunakan air rebusan daun suji atau dari air tumbukan daun tersebut.

Membangun sel yang rusak
Terjadinya kerusakan sel pada tubuh manusia bisa disebabkan seperti pola makanan atau gaya hidup yang tidak sehat. Dan untuk faktor dari luarnya bisa dikarenakan radikal bebas, seperti polusi udara dan lain-lain. Kandungan yang ada di daun suji seperti flavonois dan polifenol ini akan mencegah kerusakan yang terjadi pada sel-sel di tubuh dan juga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Merawat kesehatan kulit
Dengan membuatnya daun suji menjadi masker atau lulur untuk kulit, baik itu kulit tubuh dan juga wajah maka akan mengembalikan kesehatan kulit kamu. Caranya hanya menumbuk daun tersebut menjadi lembut.  Kandungan seperti polifenol dan flavonoid yang ada di dalamnya akan memberikan kelembaban dan juga mengontol kadar minyak yang ada di kulit tubuh dan juga wajah.

Meningkatkan sistem imun
Agar kamu terhindari dari beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga berat, salah satu caranya adalah membangun sistem imun atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan saah satu caranya adalah mengkonsumsi air rebusan daun suji setidaknya 1 hingga 2 kali dalam sehari. Bisa kam minum di pagi hari untuk memulai aktifitas atau pada malam hari ketika menjelang tidur.

Melancarkan aliran darah
Salah satu fungsi utama dari mengkonsumsi daun suji adalah mampu membuat aliran darah kamu semakin lancar. Kandungan seperti polifenol akan bekerja memperlebar pembuluh darah yang akhirnya distribusi dara dari tubuh ke otak semakin lancar.

Mengobati tekanan darah tinggi
Dengan meminum air rebusan atau air seduhan daun suji minimal 1 kali dalam sehari maka akan menurunkan tekanan darah kamu. Tapi kamu juga harus mengontrol ketika tekanan darah kamu mulai normal sebaiknya mengurangi mengkonsumsinya.

Menyehatkan jantung
Semakin lancarnya aliran darah yang ada di pembuluh darah maka akan semakin menyehatkan jantung. Mengkonsumsi air rebusan daun suji pasca operasi jantungang juga akan memulihkan kondisi seperti sebelumnya.

Mengobati sesak nafas
Sesak nafas bisa diakibatkan dari berbagai macam hal, mulai dari penyakit paru-paru atau dikarenakan polusi udara. Kamu bisa mencobanya untuk mengkonsumsi air rebusan daun suji maka akan membuat nafas kamu kembali lancar.

Mengobati stroke
Salah satu penyebab penyakit yang satu ini adalah karena tekanan darah yang terlalu tinggi dan juga kadar kolesterol yang cukup tinggi yang ada di dalam tubuh. Dan tidak jarang penderita akan mengalami kelumpuhan. Semakin rutin mengkonsumsi air rebusan daun suji maka akan mengembalikan salah satu bagian anggota tubuh yang mengalami kelumpuhan atau disfungsi. Setidaknya 1 hingga 2 kali dalam sehari agar kondisi tubuh semakin cepat membaik.

Semoga dapat membantu <3

Source.

https://www.khasiat.co.id/daun/daun-suji.html

Komentar

Posting Komentar